Napsu Berujung Maut, Tersangaka Gadis 16 Tahun Dapat Bantuan Hukum Gratis

KUPANG, – Kasus Bunga (16), bukan nama sebenarnya, harus berurusan dengan hukum di Timor Tengah Selatan (TTS), karena dicurigai telah menghabisi nyawa NB (48) warga Desa Kualin, Kecamatan Kualin beberapa waktu lalu kini mendapat bantuan hukum.

Kejadian, Kamis (11/2/21) yang lalu bunga terpaksa melakukan pembunuhan terhadap NB kaena diduga ada upaya aksi menunaikan tuntutan birahi (perkosa) terhadap dirinya (Bunga).

Pendampingan hukum secara gratis itu lewat Kantor Advokad Amos Alexander Lafu SH.,MH dan rekannya.

Alasan utama berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1997 tentang pengadilan anak dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak.

Disampaikan Amos Lafu, SH.,MH kepada wartawan,Kamis (18/2/21) di Kupang, bahwa dirinya dan rekannya akan siap mendampingi tersangka sesuai hak hukumnya.

“Kita juga sebagai Advokat menjadi bagian dari penegak hukum, secara prinsip kita prihatin dengan kasus ini”,ujar Amos.

Lebih lanjut Advokad muda ini mengatakan, selain tersanga (Bunga) dibawah umur, motif terjadinya pembunuhan karena sebuah keadaan terpaksa, yaitu upaya membela diri.

“Pada intinya kami juga menghargai proses hukum yang sedang berjalan, yang sementara ini ditangani oleh unit PPA Polres TTS, kaena dirinya adalah anak-anak maka wajib secara sukarela kami mendampingi” tandas mantan Ketua Cabang GMKI Kupang itu.

Menariknya adalah pendampingan hukum ini dilakukan karena ada asas tradisi subsidi silang dikantor Advokatnya.

“Ini merupakan tradisi kita di kantor advokat kita bahwa kita selalu melakukan metode yang namnya supsidi silang yaitu terhadap perkara – perkara tertentu yang kita anggap unik, menarik maupun maupun dari sisi ekonominya lemah, namun kita selalu memberikan pendampingan secara gratis”, pungkas Amos Lafu.

Dan ini adalah misi kemanusiaan kami” Sambung amos

Inilah nama-nama pengacara yang telah disipakan untuk mendampingi Bunga dari kantor Advokad Amos Lafu SH.,MH dan rekan adalah Obed Djami., S.H., M.H; Egianus Bana., SH., MH.; Swastika Hakim, SH., M.H; Andryan Boling., S.H  dan Arnol Nggadas., S.H. (*Tim)

%d blogger menyukai ini: